Longser Wayang - The Death of Kumbakarna - dalam Festival Budaya Nyangku 2010

Longser Wayang The Death of Kumbakarna 


Catatan DHIPA GALUH PURBA

DALAM memeriahkan Upacara Tradisi Nyangku di Panjalu,  pada malam puncak Festival Budaya Nyangku, Rabu, 10 Maret, pukul 19.00 WIB  digelar pertunjukan Longser Wayang Sangkala dari Kabupaten Ciamis.

Tim kesenian Loyang (Longser Wayang) yang didukung oleh sekitar 40 seniman Ciamis menampilkan lakon The Death of Kumbakarna yang tentu saja diadaptasi dari lakon Kumbakarna Gugur.

Lakon yang digarap secara komedi tersebut, untuk pertama kalinya ditampillan di Panjalu, setelah sebelumnya vakum cukup lama. Terakhir kali dipentaskan tahun 2007 di Taman Budaya Jawa Barat. Loyang juga pernah tampil di TB Yogyakarta dan TMII  Jakarta.

Pencipta Seni Loyang adalah Pandu Radea, praktisi seni asal Panjalu, Ciamis, yang telah membawa misi seni wayang Indonesia bersama Wayang Ajen di Spanyol dan Perancis pada tahun 2009.

Tampilnya Loyang Sangkala sempat terancam batal dikarenakan sponsor utama Loyang, yaitu sebuah perusahaan rokok terkenal tiba-tiba mengundurkan diri. Namun, stelah BKKBN Jabar melalui BKBPM (Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat) siap mensponsori, akhirnya Loyang dapat ditampilkan.

Pertunjukan Loyang kali ini didukung oleh Wawan Aryaganis (Penata Tari), Ce Ocay (Penata Gending). Sedangkan komedian dan seniman Ciamis yang akan tampil diantaranya Ma Apay (reog), Papa (calung), Kancil (Sandiwara), Oom (toonil), Ani (Dalang Wayang Golek), Dede (ronggeng), Padepokan Rengganis (tari), Gending Cibeurih (karawitan) , Garasi Percusion (musik perkusi), OI korwil Ciamis Utara (tim kreatf).

Drs. Dian Budiyana yang bertindak sebagai  pemimpin produksi pagelaran Loyang dalam kegiatan Nyangku, menyatakan bahwa seni loyang merupakan pilihan tepat untuk ditampilkan guna menghibur masyarakat, karena sifatnya yang komedikal. “Mudah-mudahan kesenian ini akan berkembang di masyarakat. Karena, saya melihat sifatnya yang lentur dan dinamis, baik untuk di kolaborasikan dengan berbagai unsur seni lainnya maupun untuk menunjang dalam sosialisasi program-program pemerintah,”  Kata Dian.

Pagelaran Loyang dan Kegiatan Nyangku di Panjalu ini merupakan kerjasama Yayasan Borosngora Panjalu, Pemdes Panjalu, Pemda Ciamis, PT. HM Sampoerna tbk, BKKBN Jabar, NuImage Production, Wayang Ajen Indonesia dan OI korwil Ciamis Utara***




0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post