Kunjungan Sineas Film - Arturo GP ke Perumahan Nusa Asri PanjaluNet

Arturo GP (kiri) dan Dhipa Galuh Purba di Perumahan Nusa Asri Panjalu, Ciamis, Jawa Barat.


Beberpapa waktu yang lalu, sineas film Arturo GP berkunjung ke Redaksi Panjalu.Net di Perumahan Nusa Asri, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat.

Arturo Guna Priatna nama lengkapnya. Meski lahir di Argentina, tetapi leluhurnya dari Rajadesa, Ciamis. Saudara-saudaranya tinggal di Rajadesa. Ibunya, yang dikenal dengan nama Ibu Nusa, baru beberapa bulan ke belakang wafat.

Arturo Gunapriatna P, M.Sn., lahir di Buenos Aires,  Argentina, 26  Februari  1959.  Ia menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Institut Kesenian Jakarta.

Sejak tahun  1988, Arturo mengajar di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta. Kemudian, tahun  sejak 2011  mengajar juga di Fakultas Ilmu Sosial Politik dan Komunikasi Universitas Indonesia.

Arturo aktif berkecimpung di dunia film, pernah turut menangani film layar lebar dan serial televisi. Diantaranya menjadi editor film Babad Tanah Leluhur II, Angin Rumput Savana, Cintaku di Rumah Susun, dan sebagainya.

Menjadi co-sutradara dalam film Cinta dalam Sepotong Roti, Surat Untuk Bidadari, Bulan Tertusuk Ilalang, Rindu Kami Padamu, Opera Jawa, dan sebagainya.

Adapun untuk serial televisi, Arturo pernah menyutradarai  Sahabat Pilihan, Buana Jaka, Nyah Cemplon, Anak Seribu Pulau, Perjalanan, Pustaka Anak Nusantara, dan sebagainya.

Pada  Festival Film Indonesia 2007/2008, Arturo sering menjadi juri. Pernah juga  menjadi Juri pada perhelatan Anti Coruption Film Festival 2014.  Arturo merupakan salahsatu Anggota Lembaga Sensor Film RI.




0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post