Etti R.S - Sastrawati Berprestasi Dari Ciamis

Etti RS, sastrawati dari Ciamis dengan meraih berbagai prestasi



Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda (PP-SS) menjadi bergairah kembali ketika dipimpin oleh Etti RS. Berbagai kegiatan yang berkenaan dengan sastra Sunda digelar oleh PP-SS, seperti diskusi, menerbitkan buku, mengadakan lomba mengarang, mempelopori peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, dan sebagainya. Etti RS adalah seorang penyair dan organisator yang gigih.

Nama lengkapnya Etti Rochaeti Soetisna. Seorang penyair asal Ciamis, yang sejak kecil sudah menyukai dongeng Sunda dan hobi membaca sastra Sunda.

Etti lahir pada 31 Agustus 1958. Menempuh pendidikan dari SD sampai SMA di Ciamis. Awalnya Etti hanya memposisikan diri sebagai apresiator. Namun, ketika Etti menjadi juara mengarang tingkat SMA se-Kabupaten Ciamis, Etti mulai tertarik menekuni dunia menulis.

Oleh karena itu, Etti memilih untuk melanjutkan kuliah ke Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran (Unpad). Etti berhasil meraih gelar sarjana pada tahun 1981, dan juga meraih gelar Magister Humaniora di Pasca Sarjana Unpad pada tahun 1984.

Kemudian Etti bekerja di Dinas Pariwisata Kota Bandung sambil mengasuh rubrik PR Kecil HU. Pikiran Rakyat, Etti mulai meniti kariernya menjadi seorang guru di SMP LPPMRI (1978-1979), SDN Cihaurgeulis V (1978-1989), dan SMP Yayasan Atikan Sunda (1978-1980).

Selanjutnya Etti bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandung. Selain itu, Etti juga menjadi pengasuh rubrik Kuncup di HU. Pikiran Rakyat, menjadi koresponden KSM Galura, dan mengajar di FKIP Universitas Islam Nusantara (Uninus).

Sajak-sajaknya bertebaran di berbagai media massa. Ada pula yang sudah diterbitkan dalam betuk buku, di antaranya Jamparing (1984), Gondéwa (1987), Maung Bayangan (1995), Hujang Silantang (2003), dsb. Pada tahun 1996, karya Dangding Etti terpilih sebagai juara I dalam pasanggiri menulis dangding tingkat Jawa Barat.

Selain itu, Etti juga pernah mendapat penghargaan Hadiah Sastra LBSS dan Hadiah Sastra Rancagé untuk buku kumpulan sajak Maung Bayangan.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post