Sekolah P3SPS di Perpustakaan Panjalu.Net - Ciamis | Dimeriahkan Musikalisasi Sajak Sunda





Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menggelar Sekolah P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran di Perpustakaan Panjalu.Net, Perumahan Nusa Asri A.72, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat (24/09/21). 

Dengan mengusung tema "Penguatan Literasi Untuk Menangkal Berita Hoax", acara ini menampilkan narasumber Yosa Oktora Santono (Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat), M Sudama Dipawikarta (Koordinator Pengawasan Isi Siaran KPID Jabar), Jalu P. Priambodo (Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Jabar), Eris Munandar (Ketua Umum Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia), dan Yuyus Surya Adinegara (Kepala Desa Panjalu, Ciamis), dengan moderator Shintia (Anggota Tim Pemantau Isi Siaran KPID Jawa Barat).

Acara Sekolah P3SPS di Perpustakaan Panjalu.Net dihadiri oleh seluruh Komisioner KPID Jabar, perwakilan dari lembaga penyiaran, tokoh masyarakat, akademisi, tokoh pemuda, seniman, budayawan, kreator konten, dan masyarakat umum. Salahsatunya Dr. H. Yat Rospia Brata, Rektor Universitas Galuh yang juga Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis. Secara resmi acara dibuka oleh Bupati Ciamis, yang diwakili oleh Dondon Rudiana (Kepala Diskominfo Kabupaten Ciamis).

Bertindak sebagai Keynote Speaker dalam acara ini, Bedi Budiman (Ketua Komisi 1 DPRD Jawa Barat), mengajak masyarakat untuk selalu bersikap bijak dalam menerima atau membaca informasi yang bersumber dari berbagai media sosial. Perlu dicek akan kevalidan informasi tersebut, karena banyak beredar berita-berita bohong yang sengaja disebar  oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Berita di radio atau televisi cenderung bisa dipertanggungjawabkan, karena di dalam lembaga penyiaran memiliki perangkat untuk menyaring berita atau informasi yang akan disiarkan. Lembaga penyiaran radio dan televisi juga dalam kesehariannya diawasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia.

Adiyana Slamet, Ketua KPID Jabar, yang juga hadir dalam acara Sekolah P3SPS tersebut mengatakan pentingnya memperkuat literasi media sebagai filter diri ketika menerima berbagai informasi. Saat ini informasi sangat cepat menyebar melalui berbagai saluran media, sehingga perlu memiliki pengetahuan untuk memilah informasi yang benar dan berita bohong. Konflik horizontal kerap terjadi ketika di tengah masyarakat beredar berita bohong yang provokatif, apalagi terkait SARA.

Dalam acara Sekolah P3SPS ini, digelar pula pertujukan musikalisasi puisi "Layung Situ Panjalu" dan "Doa dalam Lagu" karya Dhipa Galuh Purba, yang dilantunkan oleh penyanyi berbakat asal Panjalu, Seli Apriliani dan Azna Pitaloka.***


Bedi Budiman, Ketua Komisi 1 DPRD Jawa Barat

Adiyana Slamet, Ketua KPID Jawa Barat

M Sudama Dipawikarta dan Yat Rospia Brata




Syaefurohman Ahmad, Komisioner KPID Jawa Barat
Syaefurohman Ahmad, Komisioner KPID Jawa Barat




Dondon Rudina, Kepala Diskominfo Kabupaten Ciamis


Yat Rospia Brata, Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis/ Rektor Universitas Galuh





Seli Apriliani, pelantun Musikalisasi Sajak Sunda

dari kiri: Yosa Oktora, Yuyus Surya Adinegara, Jalu P. Priambodo




dari kiri: Shintia, Eris Munandar, Yosa Oktora



M Sudama Dipawikarta, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Jawa Barat




Ahmad Abdul Basit, Wakil Ketua KPID Jawa Barat

Azna Pitaloka

   

 


 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post